Cara cek cpu komputer windows 10 dan spesifikasinya

Cara cek cpu komputer : adanya banyak sebab mengapa kenapa kamu ingin mengetahui spesifikasi dari laptop atau komputer yang dipakai saat ini bukan. bisa jadi karen kamu cukup penasaran dengan apakah spesifikasi laptop atau dari spesifikasi komputer yang kamu gunakan. Atau saat kamu akan melakukan instalasi sebuah software / game, tentunya kamu ingin memastikan terlebih dahulu jikalau spesifikasi laptop serta komputer kamu telah memenuhi persyaratan minimumnya dari software tersebut. 

Atau bisa juga kamu hanya iseng ingin tahu detail spesifikasi dari laptop / komputer kamu sedang mengalami kerupakan. contohnya seperti terjadi masalah yang serius tertentu, komputer kamu berbunyi ketika dihidupkan serta terkadang tak mau booting dan masuk ke Windows. sehabis kamu periksa yang rusak nyatanya adanya hardware yang rusak, dengan hal tersebut berarti kamu harus sesegera mungkin membeli hardware yang memang sesuai dengan spesifikasi motherboard kamu. Jadi banyak sekali hal yang dapat bermanfaat  bila kita dapat mengetahui  spesifikasi laptop serta PC yang digunakan 

Beberapa laptop memang mempunyai sticker yang sedikit mencatat detail dari apa spesifikasi laptop tersebut. Akan tetapi tak seluruh laptop seperti itu. buat itu berikut ini Kompikit akan memberi cara mengetahui spesifikasi laptop atau komputer, entah itu dari RAM, CPU atau GPU.

Cara Cek CPU Komputer Windows 10 dan Spesifikasinya


Cara ke 1 : Cara Cek CPU Komputer Tanpa Software


Mungkin pada tutorial ini, saya menggunakan komputer window 10, akan tetapi cara ini bisa juga kok kamu gunakan untuk sistem operasi windows 7 dan windows 8.

Kalau kamu memakai sistem Windows 10 atau sistem operasi Windows 81,. kamu cukup pergi ke Settings > System lalu klik menu About. Dari sini kamu akan menatap versi Windows, CPU, serta RAM yang kamu gunakan.

cara cek cpu komputer


Untuk Windows XP serta juga Windows 7, klik kanan pada My Computer serta pilih Properties atau System Properties yang muncul di Windows XP Dengan metode di atas kamu akan menatap versi Windows, Processor, RAM yang kamu gunakan. tetapi bila kamu memakai sistem operasi Windows versi 32-bit, RAM maksimal yang ditampilkan cuma kurang dari 4GB dan tidak lebih. Jadi kalau kamu mempunyai RAM yang lebih dari 4GB, sebagusnya kamu menggunakan sistem operasi Windows 64-bit.

cara cek cpu komputer

Lalu kini saatnya kita akan periksa spesifikasi dari VGA atau GPU yang dipakai oleh laptop atau komputer kamu. butuh kamu ketahui, sebagian laptop biasanya mempunyai dua GPU atau VGA, pertama yang terpasang didalamnya secara onboard serta yang kedua dedicate GPU atau juga VGA Untuk mengecek GPU atau VGA yang adanya di laptop atau komputer kamu, pertama-tama kamu tekan Win R buat membuka Windows Run serta setelah itu ketikkan “dxdiag”. sehabis window DirectX terbuka, klik tab display serta kamu akan mendapatkan spesifikasi GPU atau VGA onboard.

cara cek cpu komputer

Kemudian coba kamu klik terhadap tab render yang ada disana, lalu disini kamu akan dapat melihat  spesifikasi dari GPU atau VGA yang sudah terpasang secara dedicate.

cara cek cpu komputer

Cara lain yang dapat kamu laksanakan ialah melewati device manager. Klik Start, ketikkan device manager serta tekan enter. setelah itu klik Display adapters serta kamu akan mendapatkan tipe GPU atau CPU yang kamu gunakan.

Cara ke 2 : Cara Cek CPU Komputer Menggunakan Software

Nah bagi kamu yang gak pengen merasa diribetkan, kamu dapat memakai sebuah aplikasi Speccy. Aplikasi simple yang satu ini dapat kamu gunakan buat mengetahui detail spesifikasi PC dengan sangat gampang.


cara cek cpu komputer

Demikianlah cara cek cpu komputer windows 10 dan spesifikasinya yang dapat saya sampaikan. semoga artikel ini dapat membantu. Terima kasih
Back To Top